STANDARD KOMPENSI KELULUSAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mengadakan Workshop MGMP SMP SSN Tingkat Provinsi Jawa Tengah Pada tanggal 23-25 Agustus 2010 untuk angkatan I dan II. Angkata III dan IV pada tanggal 27-29 Agustus 2010. Tempat pelaksanaan workshop di Balai Pelatihan Dikjur Semarang.
Workshop diikuti oleh mapel bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Salah satu materi adalah membuat prediksi soal UN Tahun Pelajaran 2010/2011. Soal-saol tersebut dibuat dengan berdasarkan SKL yang telah disediakan oleh panitia. SKL tersebut seperti di bawah ini :
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
1 | Menggunakan sifat-sifat opeasi hitung bilangan bulat dan .pecahan dalam pemcahan masalah. |
|
2 | Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah | Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skla dan perbandingan |
3 | Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan maslah aritmatika sosial yang sederhana |
|
4 | Menentukan pola baisan bilangan sederhana | Menyelsaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan. |
5 | Melakukan operasi aljabar |
|
6 | Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktor nya | Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan |
7 | Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel |
8 | Mealkukan operasi irisan, gabungan , kurang (defference) dan komplemen pada himpunan | Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan |
9 | Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah | Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan |
10 | Memahami relasi dan fungsi | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi |
11 | Menentukan nilai fungsi | Nilai fungsi |
12 | Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus | Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya |
13 | Menyelesaikan sistem linear dua variabel | Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel |
14 | Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkatian dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya | Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel |
15 | Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku | Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras |
16 | Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahanmasalah |
|
17 | Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya | Menghitung besar sudut pada bidang datar |
18 | Menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut | Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain |
19 | Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalampemecahan masalah | Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran |
20 | Mengidentifikasi sifat-sifat dalam segitiga sebangun dan kongruen |
|
21 | Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya | Menentukan unusur-unsur bangun ruang sisi datar |
22 | Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas | Menentukan volume bangun ruang sisi datar |
23 | Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas | Menghitung volume bangun ruang sisi datar |
24 | Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola | Menghitung volume bangun ruang sisi lengkung |
25 | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola | Menghitung luas permukaan bangun ruas sisi datar dan sisi lengkung |
26 | Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal sertapenafsirannya | Menentukan ukuranpemusatan dan menggunakan dalam penyelesaian masalah sehari-hari |
27 | Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran | Menyajikan dan manafsirkan data |
0 komentar:
Posting Komentar